Minggu, 16 Oktober 2016

INOVASI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MODERN

TUGAS 
MATA KULIAH
INOVASI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MODERN


NAMA : RIZKI APRILIA DWIJAYANTI
KELAS : 2KA23
NPM : 1611518
MATERI : PROFESI, TREND SISTEM INFORMASI, SOSIAL MEDIA
  • Pengertian Profesionalisme
Profesionalisme merupakan suatu tingkah laku, suatu tujuan atau suatu rangkaian kwalitas yang menandai atau melukiskan coraknya suatu “profesi”. Profesionalisme mengandung pula pengertian menjalankan suatu profesi untuk keuntungan atau sebagai sumber penghidupan.

Profesionalisme (profésionalisme) ialah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya terdapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional. Profesionalisme berasal daripada profesion yang bermakna berhubungan dengan profesion dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Jadi, profesionalisme adalah tingkah laku, kepakaran atau kualiti dari seseorang yang profesional (Longman, 1987).
  • Ciri-ciri Profesionalisme 
Kualiti profesionalisme didokong oleh ciri-ciri sebagai berikut
  1. Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati piawai ideal. Seseorang yang memiliki profesionalisme tinggi akan selalu berusaha mewujudkan dirinya sesuai dengan piawai yang telah ditetapkan. Ia akan mengidentifikasi dirinya kepada sesorang yang dipandang memiliki piawaian tersebut. Yang dimaksud dengan “piawai ideal” ialah suatu perangkat perilaku yang dipandang paling sempurna dan dijadikan sebagai rujukan.
  2. Meningkatkan dan memelihara imej profesion Profesionalisme yang tinggi ditunjukkan oleh besarnya keinginan untuk selalu meningkatkan dan memelihara imej profesion melalui perwujudan perilaku profesional. Perwujudannya dilakukan melalui berbagai-bagai cara misalnya penampilan, cara percakapan, penggunaan bahasa, sikap tubuh badan, sikap hidup harian, hubungan dengan individu lainnya.
  3. Keinginan untuk sentiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan meperbaiki kualiti pengetahuan dan keterampiannya.
  4. Mengejar kualiti dan cita-cita dalam profesion
  • Kode Etik Profesional
Kode etik profesi merupakan norma yang ditetapkan dan diterima oleh sekelompok profesi, yang mengarahkan atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat dan sekaligus menjamin mutu profesi itu dimata masyarakat.

Apabila anggota kelompok profesi itu menyimpang dari kode etiknya, maka kelompok profesi itu akan tercemar di mata masyarakat. Oleh karena itu, kelompok profesi harus mencoba menyelesaikan berdasarkan kekuasaannya sendiri. Kode etik profesi merupakan produk etika terapan karena dihasilkan berdasarkan penerapan pemikiran etis atas suatu profesi.

Kode etik profesi dapat berubah dan diubah seiring perkembangan zaman. Kode etik profesi merupakan pengaturan diri profesi yang bersangkutan, dan ini perwujudan nilai moral yang hakiki, yang tidak dipaksakan dari luar.

Kode etik profesi hanya berlaku efektif apabila dijiwai oleh cita-cita dan nilai-nilai yang hidup dalam lingkungan profesi itu sendiri. Setiap kode etik profesi selalu dibuat tertulis yang tersusun secara rapi, lengkap, tanpa catatan, dalam bahasa yang baik, sehingga menarik perhatian dan menyenangkan pembacanya. Semua yang tergambar adalah perilaku yang baik-baik.

A. JENIS -JENIS PROFESI DI BIDANG IT, DESKRIPSI, STANDAR PROFESI DI INDONESIA

Berikut ini merupakan aneka profesi di bidang IT yang perlu kamu ketahui jika ingin berkecimpung di bidang pekerjaan IT atau Teknologi informasi.

1. ) Programmer adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan.
Tugas : Membuat program baik aplikasi maupun system operasi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ada.
Kualifikasi :
  1. Menguasai logika dan algoritma pemrograman
  2. Menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, Ajax, CSS, JavaScript, C++, VB, PHP, Java, Ruby dll.
  3. Memahami SQL
  4. Menguasai bahasa inggris IT
2.) IT Support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Profesi ini cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan pendidikan khusus.
Tugas: Install software, Memperbaiki hardware, Membuat jaringan
Kualifikasi:
  1. Menguasai bagian-bagian hardware komputer
  2. Mengetahui cara install program atau aplikasi software
  3. Menguasai sejumlah aplikasi umum sistem operasi komputer
3.) Software Engineer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Tugas:
Merancang dan menerapkan metode terbaik dalam pengembangan proyek software
Kualifikasi:
  1. Menguasai keahlian sebagai programmer dan system analyst
  2. Menguasai metode pengembangan software seperti RUP, Agile, XP, Scrum dll.
4.) Database Administrator adalah mereka yang memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki database.
Tugas: 
  1. Menginstal perangkat lunak baru
  2. Mengkonfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator
  3. Mengelola keamanan database
  4. Analisa data di database
Kualifikasi:
  1. Menguasai teknologi database seperti Oracle, Sybase, DB2, MS Access serta Sistem Operasi
  2. Menguasai teknologi server dan storage.


5.) Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website.
Tugas:
  1. Menjaga kelancaran akses situs (instalasi dan konfigurasi sistem)
  2. Merawat hosting dan domain
  3. Mengatur keamanan server dan firewall
  4. Mengatur akun dan kata sandi untuk admin serta use
Kualifikasi:
  1. Menguasai keahlian seorang programmer
  2. Menguasai jaringan (LAN, WAN, Intranet)
  3. Menguasai OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)


6.) Web Developer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memberikan konsultasi pembangunan sebuah situs dengan konsep yang telah ditentukan.
Tugas:
  1. Menganalisa kebutuhan sistem
  2. Merancang web atau situs (desain dan program)
  3. Mengaktifkan domain dan hosting
  4. Pemeliharaan situs dan promosi
Kualifikasi:
  1. Menguasai pemrograman web
  2. Menguasai pengelolaan database
  3. Mengerti domain dan hosting
  4. Menguasai sistem jaringan
7.) Web Designer adalah mereka yang memiliki keahlian dalam membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs secara visual.
Tugas:
  1. Mendesain tampilan situs
  2. Memastikan tampilan gambar berfungsi ketika ditambahkan bahasa pemrograman
Kualifikasi:
  1. Menguasai HTML, CSS dan XHTML
  2. Menguasai Adobe Photoshop & Illustrator
  3. Memiliki jiwa seni dan harus kreatif
8.) Network Engineer adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
Tugas :
  1. Membuat jaringan untuk perusahaan atau instansi
  2. Mengatur email, anti spam dan virus protection
  3. Melakukan pengaturan user account, izin dan kata sandi
  4. Mengawasi penggunaan jaringan
Kualifikasi :
  1. Menguasai server, workstation dan hub/switch
9.) System Analyst adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
Tugas :
  1. Mengembangkan perangkat lunak/software dalam tahapan requirement, design dan construction
  2. Membuat dokumen requirement dan desain software berdasarkan jenis bisnis customer
  3. Membangun framework untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer
Kualifikasi :
  1. Menguasai keahlian sebagai programmer
  2. Menguasai metode dan best practice pemrograman
  3. Memahami arsitektur aplikasi dan teknologi terkini
B. CONTOH SERTIFIKASI NASIONAL DAN INTERNASIONAL


  1. Sertifikasi Nasional

Ada dua jenis sertifikat yang diterbitkan oleh LSP Telematika, yaitu Certificate of Competence dan Certificate of Attainment.

  • Certificate of Competence. Yaitu sertifikasi berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.
  • Certificate of Attainment, yaitu sertifikasi atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar
     2. Sertifikasi Internasional
  • Sertifikasi untuk Bahasa Pemrograman
  • Sertifikasi untuk Database
  • Sertifikasi untuk Office
  • Sertifikasi di bidang jaringan
  • Sertifikasi di Bidang Computer Graphics dan Multimedia
  • Sertifikasi di Bidang Internet
  • Sertifikasi untuk Lotus
  • Sertifikasi untuk Novell
C. TREND SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI TERKINI
  1. Trend produk perbankan

uang elektronik, atau e-money, adalah keseimbangan uang terekam secara elektronik pada kartu tersimpan nilai uang. Kartu ini memiliki mikroprosesor tertanam yang dapat dimuat dengan nilai moneter. Bentuk lain dari uang elektronik adalah uang jaringan, perangkat lunak yang memungkinkan transfer nilai pada jaringan komputer, khususnya internet. uang elektronik adalah klaim mengambang di sebuah bank swasta atau lembaga keuangan lainnya yang tidak terhubung dengan akun tertentu.
Contoh uang elektronik deposito bank, elektronik transfer dana, deposit langsung, pemroses pembayaran, dan mata uang digital.

uang elektronik dapat baik terpusat, di mana ada titik pusat kontrol atas suplai uang, atau desentralisasi, di mana kontrol atas jumlah uang beredar dapat berasal dari berbagai sumber. Elektronik uang yang terdesentralisasi juga dikenal sebagai mata uang digital. Perbedaan utama antara E-uang dan mata uang digital adalah bahwa E-money tidak mengubah nilai mata uang fiat (USD, EUR) yang diwakilinya, tetapi mata uang digital tidak sama dengan mata uang fiat. Dengan kata lain, semua mata uang digital adalah uang elektronik, tapi uang elektronik belum tentu mata uang digital. Banyak sub-sistem mobile telah diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir termasuk Google Wallet dan Apple Bayar.

     2. E-Commerce, E-Goverment dan E-Resourches



E-commerce memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business to consumer) melewati kendala ruang dan waktu
Contoh : Lazada.com , blibli.com dll



E- government
Sistem informasi pemerintahan yang berbasis web dan internet protocol untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada warganya secara cepat dan murah. 
Contoh aplikasinya meliputi: KTP, Pajak, Fiskal dan SIM on-line.


E- resourches
Suatu bentuk Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Pendapatan Bagi Hasil Eksplorasi Sumber Daya Alam (SDA) yang saat ini masih diimplementasikan dibidang kelautan, dimana Pemerintah selaku pemegang hak pengelolaan membuat situs Internet tentang seluruh kandungan kekayaan alam, kebijakan ekploitasi, pola bagi hasil dan tatacara pembayarannya. Pendapatan bagi hasil dengan investor yang mengeksploitasi SDA tersebut dikelola secara on-line ke Bank.
contoh : perpustakaan nasional indonesia

D, SOSIAL MEDIA

TINDER APPLICATION



Tinder adalah aplikasi layanan pencarian sosial berbasis lokasi (menggunakan Facebook) yang memfasilitasi komunikasi antara pengguna yang saling tertarik, yang memungkinkan kecocokkan pengguna untuk mengobrol. Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai layanan kencan, dan telah bercabang untuk memberikan layanan yang lebih, sehingga lebih umum di aplikasi sosial media.
Awalnya diinkubasi di dalam Palka Labs, aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2012, dan pada tahun 2014 terdaftar sekitar satu miliar "gesekan" per hari.
Tinder merupakan aplikasi pertama yang "menggesekkan aplikasi", di mana pengguna menggunakan gesekkan gerakan untuk memilih antara foto-foto dari pengguna lain: menggesekkan kanan bagi yang berpotensi kecocokkan yang baik dan menggesekkan kiri pada foto untuk pindah ke yang berikutnya.

Tinder didirikan oleh Sean Rad, Jonathan Badeen, Justin Mateen, Joe Munoz,, Dinesh Moorjani, Chris Gylczynski, dan Whitney Wolfe, yang kemudian meninggalkan Tinder untuk memulai Bumble.

Fitur :
  1. Gesek merupakan pusat desain aplikasi Tinder. Dari kompatibel aplikasi menyediakan algoritma yang cocok, pengguna gesek ke kanan apabila cocok dan gesek ke kiri untuk melanjutkan pencarian mereka.
  2. Integrasi Instagram memungkinkan pengguna untuk mengakses pengguna lain ke profil Instagram.
  3. Koneksi umum memungkinkan pengguna untuk melihat apakah mereka saling berbagi teman Facebook dengan kecocokkan (gelar pertama koneksi pada Sumbu) atau ketika pengguna dan kecocokkan mereka memiliki dua teman-teman yang kebetulan berteman dengan satu sama lain (dianggap derajat kedua di Tinder).
berikut merupakan video tinder aplikasi :



Pengguna

Persentase Pengguna Tinder dengan Usia :
Sumbu yang digunakan secara luas di seluruh dunia dan tersedia dalam 30 bahasa. Akhir-akhir 2014, diperkirakan 50 juta orang menggunakan aplikasi ini setiap bulan dengan rata-rata 12 juta kecocokkan per hari. Namun, untuk sampai ke 12 juta kecocokkan, pengguna secara bersama-sama membuat sekitar 1 miliar gesekan per hari. Usia minimum untuk mendaftar dan menggunakan Tinder adalah 18. Pada juni 2016, Jika pengguna Tinder yang berada di bawah usia 18 berupaya untuk menggunakan aplikasi ini, mereka bertemu dengan kartu di dek mereka menyatakan bahwa Tinder tidak lagi dapat digunakan oleh siapapun di bawah 18, dan bahwa tim Tinder mengembangkan aplikasi baru terutama untuk kelompok usia mereka.
Ketika April 2015, pengguna Tinder menggesek melalui 1,6 miliar profil Tinder dan membuat lebih dari 26 juta kecocokkan per hari. Lebih dari 8 miliar kecocokkan telah dibuat sejak Tinder diluncurkan pada tahun 2012.


      

Sumber :
http://e-resources.perpusnas.go.id/
http://ojankecewow.blogspot.co.id/2015/10/e-commerce-e-government-e-resourches.html
http://profesionalismedalambekerja.blogspot.co.id/
http://bomy-id.blogspot.co.id/2014/05/jenis-jenis-profesi-dan-deskripsi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar