TUGAS KULIAH
INOVASI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MODERN
NAMA : RIZKI APRILIA DWIJAYANTI
KELAS : 2KA23
NPM : 16115138
BERIKUT INI ADALAH TUGAS MATA KULIAH SOFTSKILLS "INOVASI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MODERN" DENGAN MATERI SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PERKEMBANGAN KOMPONEN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
1.
SEJARAH TEKNOLOGI
INFORMASI
·
3000 SM
Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa
Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini
juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi
kata, kalimat, dan bahasa.
·
2900 SM
Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana
setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut
digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang
berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan
tulisan bangsa Sumeria.
Hieroglif
·
500 SM
Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat
dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil.Serat
papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat
dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk
menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan
lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi.
·
105 SM
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas.
Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita
kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,
dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan
sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
·
Tahun 1455
Pada
1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan
mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat
diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
·
Tahun 1830
Augusta
Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama
dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan
data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin
ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara
kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
·
Tahun 1837
Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel
Morse mengembangkan
telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode
sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan
pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim
dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh,
sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian,
Morse membangun peralatan relai yang
ditempatkan di setiap 32 km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk
mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya.
Relai terdiri dari sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem
telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman
pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk
perjalanan kereta api.
·
Tahun 1877
Pada
1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan
mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879,
sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem
pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua
pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon
menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.
Kartu Perforasi
·
Tahun 1889
Pada
1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan
bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan
waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya
populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh
tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith
menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah
oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80
variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan
dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan,
kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan
perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
·
Tahun 1931
Pada
1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan
persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
·
Tahun 1939
Pada
1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer
elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami
perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan
komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.
·
Tahun 1973 – 1990
Pada masa
ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian
komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang
membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANETyang dibangun
oleh ARPA (United States Department of
Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan
awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa
pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
·
Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56
Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
·
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian
pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal
sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan
sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET,
DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah
berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang
ada.
·
Tahun 1991 – Sekarang
Sistem
bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk
menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas
internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www)
oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk
InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan
penyimpanan data sertadatabase (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994,
pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam
berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan
dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider
dengan membeli jaringan di backbone. Langkah
ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan
penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
2.
PERKEMBANGAN KOMPUTER
Istilah
komputer berasal dari bahasa latin “Computare”, yang berarti alat hitung,
karena awalnya computer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal
penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi,
berikut ini ada beberapa contoh penemuan komputer:
·
Abacus/sempoa adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat
dari rangka kayu dengan seeretan poros yang berisi manic-manik yang bisa
digeser.
·
Mesin buatan
Charles Babbage yaitu mesin
hitung mekanik yang dapat mengurangi kesalahan perhitungan.
·
Mesin analitik pada tahun 1900-1973 seorang insinyur Harvard
yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik, ia
menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik.
Komputer
juga dibagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya
·
komputer
generasi pertama yang
diciptaakan pada perang dunia II, Negara – Negara yang terlibat berusaha
mengebangkan computer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki
computer
·
komputer
generasi kedua bahasa mesin yang
digunakan adalah bahasa assembly, yaitu kode-kode berupa singkatan yang
menggantikan kode biner.
·
Komputer generasi
ketiga
3.
PERANGKAT KOMPUTER
Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian paling utama, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware).
Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian paling utama, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware).
4.
PEMANFAATAN SISTEM
DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan
sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk pendidikan ,industry, internet
dan berbagai bisnis duia lainnya. Manfaat IT dalam membangun suatu individu ,
perusahaan, bahkan sebuah Negara sangat berdampak besar.
Berikut ini adalah manfaat IT untuk kehidupan
sehari-hari
·
Menambah ilmu pengetahuan
·
Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari
·
Lebih praktis
·
Menambah jaringan teman.
·
Mendapatkan informasi secara mudah.
Masih banyak lagi manfaat teknologi informasi
dalam kehidupan kita, baik itu dalam, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan
Bidang E-Commerce, Bidang Wirausaha, dan masih banyak yang lainnya.
Secara umum , manfaat teknologi informasi
antara lain :
·
Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta
melakukan komunikasi
·
Terbukanya peluang bisnis yang baru,
·
Adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan
public,
·
Adanya peningkatan layanan informasi jarak jauh dalam
bidang kesehatan (telemedicine),
·
Terciptanya e-learning sebagai salah satu sarana dalam
memperbaiki system pendidikan,
·
Terciptanya lapangan pekerjaan,
·
Memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam semua bidang
termasuk dalam aspekkebudayaan,
·
Terdorongnya proses demokrasi dalam segala hal.
B.
PERKEMBANGAN KOMPONEN
PERANGKAT KERAS
Perangkat Keras (Hardware) adalah semua
bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang
beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat keras umumnya terdiri dari :
Berikut adalah beberapa contoh perangkat
keras komputer dan kegunaanya:
1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file.
2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard.
3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer
semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor
disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses
semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
4). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat
berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh
dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran
saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar
dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori
utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan
keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah
komputer, yaitu menulis dan membaca data.
6). CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary
Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan
komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting
BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya
masih bagus.
7). Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan
tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang
berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12
volt agar prosesor bisa bekerja.
8). Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis
soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal
ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil
pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran
layar seperti layaknya sebuah televisi.
9). Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini
berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan
sesuai dengan fungsinya.
10). Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat
keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk
diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956.
Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter)
dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan
kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar
0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
Perangkat Keras (Hardware) adalah semua
bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang
beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat keras umumnya terdiri dari :
Berikut adalah beberapa contoh perangkat
keras komputer dan kegunaanya:
1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file.
2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard.
3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer
semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor
disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses
semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
4). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat
berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh
dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran
saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar
dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori
utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan
keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah
komputer, yaitu menulis dan membaca data.
6). CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary
Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan
komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting
BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya
masih bagus.
7). Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan
tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang
berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12
volt agar prosesor bisa bekerja.
8). Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis
soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal
ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil
pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran
layar seperti layaknya sebuah televisi.
9). Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini
berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan
sesuai dengan fungsinya.
10). Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat
keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk
diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956.
Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter)
dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan
kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar
0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
11). Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan komputer
dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada
bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah
komputer
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang
umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard
dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
( Proses Device )
Unit ini berfungsi untuk mengolah data yang
sudah di masukkan melalui perangkat masukan. Suara dimasukkan melalui
microphone, di proses pada sound card dan dikeluarkan melalui speaker. begitu
juga perangkat lain salaing berhubungan satu sama lainnya.
( Control Device )
Unit kendali (bahasa Inggris: Control Unit - CU) adalah salah
satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi
yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.
( Penyimpanan )
"computer
data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media
perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval
waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari
komputer modern, yakni mempertahankan informasi, Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer
merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan Random Access Memory (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk
lainnya yang lebih cepat tapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Akan
tetapi, istilah "computer storage"
sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis (seperti
halnya hard disk)
dan tipe-tipe media penyimpanan lainnya yang lebih lambat ketimbang RAM, tapi
memiliki sifat lebih permanen, seperti flash
memory
( Output Device )
Unit keluaran adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang
dilakukan oleh CPU. Dalam teori kontrol, output dari suatu sistem adalah apa
yang dapat diukur. Specifically, outputs are differentiated from states .
Spesifik, output dibedakan dari negara.
C.
PERKEMBANGAN KOMPONEN
PERANGKAT LUNAK
Komponen perangkat lunak (software)
merupakan program-program yang nantinya akan terinstal pada komputer sehingga
membuat perangkat komputer bisa hidup dan dipakai bekerja
Komponen-komponen software yang
dibutuhkan oleh komputer adalah :
5.
BAHASA PEMOGRAMAN
KOMPUTER
Computer language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer.
Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan
tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a. Low Level Language, merupakan
bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh
pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin dan assembly
language.
b. High Level Language, merupakan
bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.
Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan sebagainya.
6.
SISTEM OPERASI
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software..
7.
UTILITY
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk
mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem
operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari
program ini.
Salah satu kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan.
Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat
mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone
system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser).
Netware, Token Ring dan Lantastic merupakan contoh-contoh program ini.
8.
PERANGKAT LUNAK
APLIKASI
Merupakan
perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari manusia
yang spesifik, misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi foto, atau membuat
laporan keuangan.
Terdapat
3 bagian dalam perangkat lunak aplikasi, yaitu :
·
Aplikasi Office
Program khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu.
Program aplikasi dibuat sesuai kebutuhan, misalnya ; GL dan MYOB yang digunakan
untuk perhitungan dan pelaporan akutansi serta PAYROLL yang digunakan untuk
penerapan keuangan.
·
Aplikasi Multimedia
Merupakan perangkat lunk yang dapat digunakan untuk
mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image/gambar, audio
grafik, video, dll. Dilihat dari perangkat lunak multimedia terdpat banyak
sekali jenis dari aplikasi multimedia. Contoh aplikasinya yaitu, Winamp, Real
player, XingPlayer, Windows Media Player, dll.
·
Aplikasi Internet
Adalah istilah untuk menyebut sebuah jaringan ,bukannya
suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa
tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Beberapa contoh aplikasi internet yaitu,
Internet Explorer, Yahoo Mesenger, mailing list, Internet relay Chat,
Newsgroup, dll.
TERIMAKASIH TELAH MEMBACA, SEMOGA BERMANFAAT :)
TERIMAKASIH TELAH MEMBACA, SEMOGA BERMANFAAT :)
Sumber :
http://perangkatkerasdanlunakpadakomputer.blogspot.co.id/
https://www.youtube.com/watch?v=lS8JCv3hGNo
https://www.youtube.com/watch?v=lS8JCv3hGNo
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer#Komponen_Komputer_secara_utuh
http://87wz.blogspot.co.id/2013/01/komponen-sistem-perangkat-lunak-software.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar