Rabu, 25 Oktober 2017

GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA







RIZKI APRILIA DWIJAYANTI
16115138
3KA23



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
2017


Membuat Garis Menggunakan Bahasa Pemograman Java pada IDE Netbeans dan memanfaatkan library OpenGL yaitu LWJGL (Lightweight Java Game Library)

Perkembangan grafika komputer menuntut para pengembang sistem aplikasi grafika komputer untuk dapat mengembangkan suatu informasi yang dilengkapi dengan visualisasi dan animasi, agar dapat lebih mudah dipahami oleh pihak yang menggunakan sistem tersebut.

Oleh karena itu, sudah semakin banyak pula bahasa pemrograman yang dilengkapi dengan tools/library pembuatan grafik Salah satu tools/library pembuatan aplikasi grafik adalah OpenGL (Open Graphics Library).OpenGL(Open Graphics Library) adalah suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. OpenGL digunakan untuk mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi. OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi yang mendefinisikan sebuah lintasan-lintasan bahasa, lintasan platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2d atau 3d. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitf sederhana.

Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2 dimensi yangdihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2 dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linked list sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini. Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang  sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu bidang (bidang xy).

Lanjut ke membuat garis dengan menggunakan Java + OpenGL, kita persiapkan terlebih dahulu tools yang kita butuh kan untuk membuat program nya :

1. Java Development Kit
Tools tersebut merupakan syarat penting dalam mengembangkan aplikasi java dimana berisi library-library dan compiler untuk mengeksekusi kodingan dalam java.
2. Java IDE (Netbeans)
Untuk IDE sendiri kita bebas dalam memilih yang penting library yang akan kita download mensupport IDE tersebut.
3. Library LWJGL
Library ini berfungsi untuk menghubungkan antara Netbeans dengan OpenGL.
4. File Makalah Tugas Grafik dan Pengolahan Citra
5. Coba Program

Garis vertikal

Garis Horizontal

Garis Diagonal

Semoga blog ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar